Unified Modeling Language (UML) merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemograman yang berorientasi objek, saat ini UML akan mulai menjadi standar masa depan bagi industri yang berorientasi objek sebab pada dasarnya UML digunakan oleh banyak perusahaan raksasa seperti IBM, Microsoft, dan sebagainya.
Berikut definisi UML :
1. Unified Modeling Language
merupakan metode pengembangan perangkat lunak (sistem informasi) dengan
menggunakan metode grafis serta merupakan bahasa untuk visualisasi,
spesifikasi, konstruksi serta dokumentasi .
Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa yang telah menjadi standard untuk visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan arti suatu sistem perangkat lunak .
Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa yang telah menjadi standard untuk visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan arti suatu sistem perangkat lunak .
2. Unified Modeling Language
(UML) dapat didefinisikan sebagai sebuah bahasa yang telah menjadi standar
dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem
perangkat lunak .
3. Unified Modeling Language
(UML) merupakan standard modeling language yang terdiri dari kumpulan-kumpulan
diagram, dikembangkan untuk membantu para pengembang sistem dansoftware agar
bisa menyelesaikan tugas-tugas seperti [Joml07] :
Spesifikasi
Visualisasi
Desain arsitektur
Konstruksi
Simulasi dan testing
Dokumentasi
Spesifikasi
Visualisasi
Desain arsitektur
Konstruksi
Simulasi dan testing
Dokumentasi
Berikut contoh programnya :
Pada rancangan UML diatas , program yang akan di buat adalah data peminjaman playstation
berikut source code programnya :
public
class PS2
{
protected String color;
protected String type;
public void setColor(String color)
{
this.color=color;
}
public String getColor()
{
return color;
}
public void setType(String type)
{
this.type=type;
}
public String getType()
{
return type;
}
}
public class PS3
{
protected String color;
protected String type;
public void setColor(String color)
{
this.color=color;
}
public String getColor()
{
return color;
}
public void setType(String type)
{
this.type=type;
}
public String getType()
{
return type;
}
}
public
class orang
{
private int NoKTP;
private String Name;
private String Address;
public void setNOKTP(int NoKTP)
{
this.NoKTP=NoKTP;
}
public int getNOKTP()
{
return NoKTP;
}
public void setName(String Nama)
{
this.Name=Nama;
}
public String getName()
{
return Name;
}
public void setAddress(String Address)
{
this.Address=Address;
}
public String getAddress()
{
return Address;
}
}
public class Peminjaman
{
PS3 PS3Dipinjam;
orang anggota;
PS2 PS2Dipinjam;
void pinjam(orang ang,PS3 ps3,PS2 ps2)
{
public
static void main(String[] args)
{
PS3
a= new PS3();
orang org = new orang();
Peminjaman aku = new Peminjaman();
PS2
b = new PS2();
org.setName("Yusuf Reza M");
org.setAddress("Brebes");
org.setNOKTP(74798393);
a.setType("matrix");
a.setColor("hitam");
b.setType("biasa");
b.setColor("hitam");
aku.pinjam(org, a, b);
aku.lihatDataPeminjaman();
}
}
anggota=ang;
PS3Dipinjam=ps3;
PS2Dipinjam=ps2;
}
void lihatDataPeminjaman()
{
System.out.println("DataPeminjaman");
System.out.println("Nama Peminjam =
"+anggota.getName());
System.out.println("Alamat Peminjam =
"+anggota.getAddress());
System.out.println("No KTP =
"+anggota.getNOKTP());
System.out.println("Warna PS3 =
"+PS3Dipinjam.getColor());
System.out.println("Tipe PS3 =
"+PS3Dipinjam.getType());
System.out.println("Warna PS2 =
"+PS2Dipinjam.getColor());
System.out.println("Tipe PS2 =
"+PS2Dipinjam.getType());
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar