Senin, 23 Maret 2015

Membuat Persegi Menggunakan Open Gl

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat persegi menggunakan open gl yaitu dengan membagi bagian dari persegi menjadi segitiga-segitiga yang jika disatukan akan menjadi persegi, berikut source codenya :



#include <GL/glut.h>

void printer(void)
{
    glClearColor(1.0,1.0,1.0,0.0);  //putih
}

void renderScene(void)
{


    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
 
 //segitiga merah bagian bawah
    glColor3f(1,0,0);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
        glVertex2f(-0.5f, -0.5f);
        glVertex2f(0.5f, -0.5f);
        glVertex2f(0.5f, 0.5f);
    glEnd();

    //segitiga biru bagian atas
    glColor3f(0,0,1);
    glBegin(GL_TRIANGLES);
            glVertex2f(-0.5f, -0.5f);
            glVertex2f(0.5f, 0.5f);
            glVertex2f(-0.5f, 0.5f);
    glEnd();

    glutSwapBuffers();
}

int main(int argc, char *argv[])
{
    glutInit(&argc, argv);
    glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_DOUBLE | GLUT_RGBA);
    glutInitWindowPosition(100, 100);
    glutInitWindowSize(320, 320);
    glutCreateWindow("GLUT 1st program");

    printer();
    glutDisplayFunc(renderScene);

    glutMainLoop();

    return 0;
}


Berikut tampilan persegi bila program itu berjalan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar